Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Wisata Orchid Forest Cikole Lembang

orchid forest cikole

Kembali lagi bersama TripAsik. Kali ini kita akan mereview sebuah tempat wisata kekinian yang Instagramable banget di Lembang yaitu Orchid Forest Cikole.

Orchid Forest ini berada sangat dekat dengan Grafika Cikole, saking deketnya, kesandung aja udah nyampe deh.

Waktu kita kesini waktu menjelang ramadhan dan liburan sekolah, jadi tempatnya ramai banget terus ada acara perpisahan anak sekolah juga.

Oh iya, waktu kami riset beberapa situs profesional, kalau membawa kamera profesional akan dikenai biaya tambahan, faktanya ternyata tidak.

Yang benar, biaya tambahan itu jika ada yang menggelar acara pre wedding dengan peralatan profesional dikenai biaya Rp 500 ribu.

Baca juga : Wisata Lembang Wonderland

Setelah membeli tiket, lokasi tempat parkir Orchid Forest Cikole ini ternyata masih jauh juga.

Kontur jalannya banyak yang rusak meskipun gak bisa disamain sama off-road. Jalan dimana suspensi kendaraan bakal mendapat banyak cobaan sob.

Oh iya, kalau kalian pulang malam, harus ekstra hati-hati karena jalan menuju Orchid Forest Cikole ini masih sangat minim lampu penerangan.

Setelah memarkir kendaraan, terlihat di pinggiran pintu masuk warung-warung makanan berjejer rapi.

Setelah satu rintangan terlewati akhirnya kita sampai di loket pemeriksaan tiket yang bangunannya mirip kelopak bunga anggrek.

pintu masuk orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole

Bangunannya megah sob, bagus banget, tapi lebih bagus lagi dibikin kos-kosan sob.

Oh iya, tak jarang juga Orchid Forest ini diselimuti kabut tebal, membuat jarang pandang cuma beberapa meter aja sob.

Spot Foto

Disini kalian gak perlu khawatir kehabisan foto spot sob. Dimana-mana kalian bisa berfoto dengan background yang bagus yang hanya bisa kalian dapetin di Orchid Forest ini.

spot foto orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole

Wahana foto berbayar hampir tidak ada, jadi tinggal jeprat-jepret aja. Mau spot khusus yang sudah disediakan juga ada baik platform di ketinggian, taman, sampai jalanan masuk ke lokasi tertentu terhias indah buat dijadiin foto spot.

Taman-taman selfie seperti bola-bola melayang, payung-payung tergantung, sampai oktagon berlampu pelangi.

spot foto orchid forest
spot foto orchid forest
orchid forest cikole

Pokoknya banyak banget deh sob spot foto di Orchid Forest ini. Saking banyaknya ada kemungkinan pulang dari sini kalian trauma buat selfie trus nutup akun Instagram karena males liat diri sendiri dalam foto. Saking malesnya terus menganggap cermin sebagai penemuan paling terkutuk.

Wahana + Fasilitas

Area Orchid House

orchid forest cikole

Orchid House atau rumah anggrek adalah rumah kaca atau green house untuk pembudidayaan bunga anggrek sob.

Kalian bisa melihat dan menikmati beragam jenis anggrek disini, baik anggrek yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara.

Terdapat 150 lebih spesies bunga anggrek loh disini. Tapi ingat ya sob jangan dipetik karena selain dilarang itu juga kelakuan yang amat sangat norak.

Biarkanlah mereka tumbuh dan berkembang menghiasi dunia dengan warnanya. Janganlah dinodai dengan tangan yang penuh dengan dosa.

Orchid House ini bisa kalian nikmati tanpa harus membayar terpisah. Ada beberapa rumah kaca di area ini yang bisa kalian nikmati ataupun pelajari.

Di ujung perjalanan kalian juga bisa membeli bunga anggrek, kaktus dan tanaman hias lainnya, harganya paling murah 10 ribu dan paling mahal 135 ribu.

Jangan bilang mahal sob, mahal itu hanya untuk yang tidak mampu. Bilang aja belum murah, dan kita belum mampu untuk membeli.

Area Rabbit Forest

wahana orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole

Salah satu area favorit anak-anak di Orchid Forest ini adalah Rabbit Forest. Hutan kelinci ini cukup luas sob. Pas kita kesana udah kesorean, jadi kelincinya udah keburu di suruh pulang.

Anak-anak dijamin puas bermain disini, tanpa harus membebani orang tuanya, karena gak usah bayar lagi, kecuali si anak pengen ngasih makan kelinci, harganya 8 ribu per ikat.

Ya kalau kita bilang sih daripada ngasih makan kelinci mending sekalian beli kelincinya.

Pas anak udah bosen ngasih makan, kelincinya tinggal sembelih, kenyang sekeluarga, iya gak. Kalau anaknya nangis kita bisa kasih pesan moral untuk tetap tegar “hidup ini keras nak, tak seindah drama Korea”.

Pine Kitchen

pine kitchen orchid forest

Di area Pine Kitchen ini kalian bisa makan sambil lesehan dikelilingi indahnya hutan pinus.

Food Court

orchid forest

Orchid Forest Cikole ini juga menyediakan food court. Kalau food courtnya nikmatin makanannya sambil duduk biasa dengan menu ayam penyet, soto Bogor atau menu dari Pine Kitchen.

Kita agak kesulitan untuk mengintip harga menunya sob gak bisa gerilya, karena pengunjungnya lagi rame banget.

Kalau tanya di karyawannya langsung nanti takutnya mereka ke-geer-an dikira kita mau beli, sorry-sorry aja sob, kita mah budget traveller yang punya motto “pantang makan sebelum kenyang”.

Tapi meskipun kita gak bisa liat menunya, bisa dipastiin balsem dan koin buat kerokan ataupun tolak angin cair masih jauh lebih murah daripada makanan di lokasi wisata sob.

Orchid Castle

review orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole

Orchid Castle adalah taman bermain anak-anak berbentuk istana dengan castilnya. Tiket masuknya 40 ribu per anak.

Lumayan ya harganya, jadi sebaiknya tutupin mata si junior waktu lewat sini ya sob.

Wood Bridge (Jembatan Tali)

orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole

Nah inilah jembatan tali paling ikonik di Orchid Forest yang gak bisa kalian lewatkan tanpa foto-foto disini.

Untuk masuk ke wahana ini pengunjung harus bayar tiket lagi sebesar 20 ribu rupiah per orang udah sepaket sama flying fox buat turunnya.

Buat kalian yang mau naik jembatan ini, kalau kesorean ada kemungkinan flying foxnya keburu ditutup sob, tapi gak rugi juga sih karena lampu jembatan mulai dinyalakan.

Jadi kalau gak bisa naik Flying fox, anggap saja sisanya buat bayar listrik sob, ya buat menghibur diri aja dah biar gak terlalu gondok.

Garden of Light

wahana orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole

Di bawah Wood Bridge ini terdapat taman yang disebut dengan Garden of Light yang merupakan taman atau kebun dengan jalan berliku dihiasi lampu-lampu cantik di sekitarnya.

Untuk menuju Garden of Light ini kalian bisa melewati jembatan yang hampir sepenuhnya terbuat dari kayu, cakep deh pokoknya. Kamu juga bisa foto-foto di jembatan kayu ini sob.

Masjid & Musholla

musholla orchid forest

Masjid dan musholla tersedia di beberapa lokasi sob dan uniknya mushollanya ada yang terpisah, khusus untuk laki-laki aja dan perempuan aja.

Toilet

toilet orchid forest

Toilet juga tersedia di Orchid Forest ini. Bangunan toiletnya berbentuk unik dan kebersihannya sangat terjaga, mantap.

Angkutan Umum

Di ujung perjalanan disediakan angkutan yang bisa membawa kalian kembali ke parkiran sob, jadi gak usah jalan lagi buat kembali ke atas.

Sayangi dengkul anda. Dengkul adalah aset masa depan dengan garansi dan suku cadang terbatas sob.

Nightview

orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole
orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole
wisata orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole
review orchid forest cikole
foto by @orchidforestcikole

Lokasi

  • Alamat: Genteng, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
  • Jam buka: Setiap hari, pk 09.00-18.00
  • Telepon: 0812-2000-3438
  • Maps: Klik Disini

Tiket Masuk

TiketKategoriHarga
Tiket masuk Rp35.000
ParkirMotorRp5.000
 MobilRp10.000

Harga tiket masuk di Orchid Forest ini sebesar Rp 35.000 saja. Baik hari biasa maupun weekend sama. Untuk parkir motor 5 ribu dan mobil 10 ribu rupiah sekali masuk.

Kesimpulannya, Orchid Forest Cikole ini kita rekomendasikan banget sob. Fasilitasnya sangat lengkap cocok untuk semua kalangan baik pribadi maupun kelompok.

Banyak juga yang belum sempet kita ulas disini seperti Cafe 450 C Pizza, harga dan menu makanan, fasilitas outbond, dan juga fasilitas menginap seperti campingnya.

Jangan lupa share artikel ini di sosial media kalian ya sob, biar yang lain juga tahu, happy weekend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *