counter statistics
Trip Asik TripAsik.com merupakan sebuah blog yang berisi tentang informasi objek wisata, cafe, hotel, restoran, dan tempat nongkrong di Indonesia.

Wisata Dusun Bambu Lembang

4 min read

review dusun bambu

Kali ini TripAsik akan mereview sebuah tempat wisata alam pedesaan di Lembang yang sangat terkenal yaitu Dusun Bambu.

Wisata Lembang gak ada habisnya kalau diulas sob. Setelah 1 jam perjalanan dari Kota Bandung akhirnya kita sampe ke Dusun Bambu sob.

Bergerak dari gerbang masuk ke tempat parkiran sob. Untuk parkir motor dikenai tarif 10 ribu dan mobil 20 ribu, lumayan mehong ya sob.

Dengan tarif parkir segitu, hati sempat bertanya “gak bisa kurang kang?”, tapi mulut mah tetep terbungkam, mungkin karena weekend kah?

tiket dusun bambu

Sebelum kita masuk ke loketnya, kita ditawarin beberapa voucher yang bisa dibeli sebelum masuk, baik voucher makanan maupun permainan.

Kalau beli voucher ini harganya lebih murah daripada langsung makan atau membeli tiket di dalam.

Jangan lupa mampir ke Orchid Forest Cikole ya sob.

Kenapa lebih murah? Karena itikat baik kalian dihargai, karena udah niat makan meskipun belum masuk, daripada udah masuk terus mendadak pengen makan, iya kan? (iya kali..)

Tiket Masuk

TiketHarga
Tiket masukRp25.000
Parkir motorRp10.000
Parkir mobilRp20.000

Harga tiket masuk di Dusun Bambu ini sebesar 25 ribu rupiah per orang sob. Buat anak dengan tinggi kurang dari 80 sentimeter, gratis.

Lumayan juga buat kalian yang bawa anak banyak. Buat kalian yang cuma membawa satu anak, mending pinjem anak tetangga dulu sob, mumpung gratis.

Tiket masuk ini ternyata bisa ditukar dengan bibit pohon di Dusun Bambu ini, lumayan kan, oleh-oleh buat emak, bilang aja bibit pohonnya beli 100 ribu, kan emak kalian pasti terharu.

Lokasi

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.KM, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551
  • Jam buka: Setiap hari, pk 08.00-21.00
  • Telepon: (022) 82782020
  • Maps: Klik Disini

Wahana

Wara Wiri

wara wiri dusun bambu

Setelah melewati pintu masuk, pengunjung sudah ditungguin angkutan bernama Wara Wiri, gratis sih enggak tapi udah include sama tiketnya, mantap kan.

Daripada yang udah-udah yang pernah kita review sebelumnya, kan kita harus bayar terpisah.

Yang ini mah mau naik muter-muter berapa kali pun bebas sob, sampai kepala migrain dan mulut berbusa sah-sah aja.

Beda sama wisata lain yang udah pernah kita kunjungi, di Dusun Bambu ini kita datangnya hari sabtu sob, jadi lumayan ramai, tapi karena luasnya, keramaiannya gak terlalu kelihatan.

Karena saking luasnya dan banyaknya fasilitas di dalam Dusun Bambu ini, kita gak bisa review semua ya sob.

Oh iya, buat tambahan informasi disini terpampang jelas plang bertuliskan “membawa makanan dari luar akan didenda Rp 250.000”, dan plangnya juga ada di beberapa sudut.

Pasar Khatulistiwa

review dusun bambu
foto by @dusun_bambu

Salah satu area wisata favorit di Dusun Bambu ini adalah Pasar Khatulistiwa. Merupakan pusat jajanan serba ada yang pastinya banyak jajanan disini.

Untuk harga minuman disini cukup terjangkau, buat patokan aja teh hangat atau dingin 10 ribu rupiah dan capucino 25 ribu rupiah.

Kalau harga makanan lebih bervariasi antara 15 ribu sampai 40 ribu tergantung makanan apa dan kadar lapar kalian sampai dimana.

Kan lapar gak mandang harga, tapi mandang porsi, jadi harga menu itu gak berbanding lurus dengan kondisi perut sob, cukup ilmiah kan.

Lutung Kasarung

review dusun bambu
foto by @dusun_bambu

Area berikutnya di Dusun Bambu ini adalah Kuliner Lutung Kasarung. Menuju area ini kita harus melewati jembatan sejenis forest walk seperti yang ada di Babakan Siliwangi.

Dikelilingi oleh rimbunnya pohon-pohon yang amat menyejukkan mata, bikin betah berlama-lama disini.

Area Lutung Kasarung ini adalah restoran dengan konsep unik yaitu makan di sarang burung.

Tapi tenang aja sob, meskipun makan di sarang burung kalian gak akan dikasih makan cacing atau ulet kayak anak burung.

Kita juga bingung sih apa kolerasi antara burung dengan lutung. Tapi meskipun lutung itu bersarung gak bakalan ganti spesies kan.

Saung Purbasari

dusun bambu lembang
foto by @dhaniel.hartono

Pengen makan di pinggiran danau, tentu saja bisa sob. Kalian bisa menikmati hidangan sambil melihat danau yang sangat ikonik di Dusun Bambu Lembang ini sob.

Setelah kenyang kalian bisa sepuasnya berfoto di saung ini dengan latar belakang danau yang sangat ciamik.

Lokasi memang penting sob, tapi lebih penting bagaimana dengan harga dan rasa. Berikut daftar menu dan harga di Saung Purbasari ini:

Menu MakananHarga
Nasi PutihRp10.000
Sayur LodehRp15.000
KaredokRp25.000
LotekRp30.000
Gurame GorengRp85.000
Paket Nasi TimbelRp120.000
Paket Nasi Liwet KastrolRp106.000

Cafe Burangrang

wisata dusun bambu
foto by @dusunbambu

Lanjut kita ke sebuah cafe keren yang bernama Burangrang ini. Melihat desain cafenya saja bisa ditebak berapa harga menu disini.

Disini kalian bisa ngopi, nongkrong, dan ngobrol sambil melihat pemandangan danau Dusun Bambu dari ketinggian.

Taman Arimbi

wisata dusun bambu
foto by @dusun_bambu

Taman Arimbi adalah taman bunga yang tertata rapi, berwarna-warni kesana-kesini. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah bunga-bunga cantik.

Kalian juga bisa foto-foto disini, kita juga lihat ada yang mojok, mereka gak sadar aja kita liatin terus, kirain mereka bakalan malu, yang ada mereka tetep seneng-seneng.

Rabbit Wonderland

rabbit wonderland dusun bambu
foto by @oktavia.aida

Bawa anak ke Dusun Bambu? Dijamin anak gak bakalan nganggur sob. Ada wahana permainan Rabbit Wonderland sob.

Arena bermain ini banyak kelinci-kelinci lucu, jadi gak cuma petting zoo aja. Tamannya cukup luas dengan beberapa rumah-rumahan dan bangunan yang cukup bikin anak betah.

Untuk masuk ke area ini pengunjung harus bayar lagi sebesar 35 ribu per anak, boleh keluar masuk di hari yang sama, selama masih di lokasi Dusun Bambu.

Water Ride

dusun bambu
foto by @madame_exotique

Di danau Dusun Bambu ini kalian juga bisa naik perahu bermotor atau berdayung sob. Kalau kalian bawa keluarga, cocok sangat kesini mah.

Dengan membayar 10 ribu hingga 25 ribu rupiah per orang, kalian bisa mengarungi danau dengan pilihan perahu donat atau waterolller.

Misc Playground

dusun bambu
foto by @ulvi_aufa

Arena-arena lainnya pun banyak sob, dari panahan baik buat anak ataupun dewasa paintball, arena menembak, mancing magnet, mini traktor, dan lain-lain.

Semua permainan di Misc. Playground ini bisa kalian nikmati dengan membayar 20 ribu sampai 35 ribu per permainan.

Extreme Ride

flying hammock

Pengen menantang adrenalin? Bisa juga kok di Dusun Bambu ini. Ada flying hammock, bungee trampoline, rodeo, dan lain-lain.

Semua wahana tersebut siap memuaskan kalian yang haus tantangan, dijamin bikin jantung berdebar kencang, lebih kencang daripada berkunjung ke rumah mantan.

Spot Foto

Kalau soal foto spot disini bejibun tenan sob. Jangan takut kehabisan, kalau gak kebagian sih mungkin aja, mengingat penuhnya Dusun Bambu waktu musim liburan.

hammock dusun bambu
foto by @ambu_dewi

Kamu bisa bergaya di Sky Hammock dengan membayar 20 ribu perorang, buat foto ya bukan buat bersantai.

Kalian juga bisa berfoto dengan satwa disini seperti burung kakaktua dan iguana.

Rongga Budaya

wisata dusun bambu

Di Dusun Bambu ini kalian juga bisa mencoba atau belajar berbagai jenis gamelan khas Jawa Barat didampingi oleh ahlinya.

Fasilitas Umum

Fasilitas umumnya seperti musholla, toilet dan mesin atm tersedia di beberapa sudut lokasi sob.

Penginapan

wisata dusun bambu
foto by @dusun_bambu

Di Dusun Bambu ini juga tersedia penginapan dan villa. Eagle Camping Ground bertarif 1,7 juta per malam, dan Villa Kampung Layung sekitar 2,5 juta sampai 3,7 juta per malam.

Itulah sedikit review tentang wisata Dusun Bambu Lembang, Mohon maaf sob bila ada salah-salah kata, happy weekend….

Trip Asik TripAsik.com merupakan sebuah blog yang berisi tentang informasi objek wisata, cafe, hotel, restoran, dan tempat nongkrong di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *