Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu “Cublak-Cublak Suweng”! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu

Tripasik.com – Pagi hari ini kita akan berbagi jawaban soal yang berbunyi “Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu “Cublak-Cublak Suweng”! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu”.

Soal tersebut merupakan salah satu pertanyaan untuk siswa-siswi SD kelas 4 – 6 dalam program Belajar dari Rumah TVRI hari Rabu, 15 Juli 2020.

Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu “Cublak-Cublak Suweng”! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu

Dalam materi tersebut, para siswa diajak untuk menonton beberapa video tentang Budaya Jawa Tengah, mulai dari asal usul Kota Magelang, lagu Cublak-Cublak Suweng, dan Lir Ilir.

Ada beberapa pertanyaan dalam materi kali ini salah satunya adalah “Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu “Cublak-Cublak Suweng”! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu”.

Dan pada kesempatan kali ini admin telah merangkum soal-soal tersebut beserta kunci jawabannya, silakan disimak.

Soal dan Jawaban TVRI 15 Juli 2020 SD Kelas 4 – 6

Pertanyaan

1. Ceritakan secara singkat proses terbentuknya nama kota Magelang!

2. Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu “Cublak-Cublak Suweng”! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu

3. Nasihat apa yang terkandung dalam lagu daerah Jawa Tengah yang berjudul “Lir-Ilir”?

Jawaban

1. Asal usul Kota Magelang bermula dari pertarungan antara Raden Purbaya, putra dari Penambahan Senopati (Raja Mataram) melawan Raja Jin di hutan Kedu.

Raden Purbaya memerintahkan prajuritnya bergerak melingkar seperti gelang untuk mengepung hutan tempat raja jin bersembunyi.

Akhirnya raja jin keluar dan bertarung melawan Raden Purbaya. Raja jin akhirnya bisa dikalahkan oleh Raden Purbaya.

Strategi Raden Purbaya menggunakan taktik gelang untuk menangkap raja jin itu membuat keseluruhan wilayah tersebut kelak disebut dengan nama Magelang.

————————————-

2. Permainan pada lagu Cublak-Cublak Suweng harus dimainkan oleh banyak anak. Satu dari pemain tersebut tengkurap menghadap ke lantai.

Sementara itu, pemain yang lain mengoper benda kecil (bisa berupa batu, kelerang, atau yang lain) yang akan disembunyikan dari pemain yang tengkurap tadi.

Tugas dari pemain yang tengkurap tadi adalah menebak siapa yang membawa benda kecil tersebut.

————————————-

3. Nasihat dalam lagu lir ilir adalah perjuangan seorang manusia dalam beribadah di dunia.

Dalam akhir lirik lagu ini dijelaskan bahwa selagi kita di dunia marilah kita mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya sebagai bekal kelak ketika kita menghadap Yang Maha Kuasa

————————————-

Demikian jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu “Cublak-Cublak Suweng”! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu”, semoga bermanfaat.

Leave a Comment