Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Informasi tentang investasi emas bagi pemula bisa anda temukan dalam artikel ini di bawah.

Tripasik.com – Bagi anda yang berencana untuk menginvestasikan uang dalam bentuk emas, ada baiknya membaca tips-tips yang akan admin berikan di bawah ini.

Investasi emas menjadi pilihan banyak orang karena memang harga emas dari tahun ke tahun cenderung mengalami kenaikan dan stabil.

Tips Investasi Emas Bagi Pemula
Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Selain itu, resiko yang rendah dalam investasi emas membuat jenis investasi ini menjadi favorit bagi kalangan pebisnis pemula atau yang baru belajar tentang investasi.


Baca juga : Tips Investasi Saham Bagi Pemula

Meskipun keuntungan yang diperoleh tidak lebih banyak dari investasi saham, namun emas akan mempertahankan kekayaan anda jika terjadi resesi ekonomi.


Tips Investasi Emas Bagi Pemula

1. Buat perencanaan dan tentukan tujuan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan dalam berinvestasi emas. Jangan sampai anda hanya membeli emas, disimpan, kemudian dijual sewaktu-waktu.

Anda harus memiliki tujuan, misalnya berinvestasi emas untuk biaya pernikahan yang dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, untuk dana pendidikan anak 10 tahun lagi, atau untuk biaya naik haji, dan lainnya.

Dengan memiliki tujuan yang jelas, anda bisa melakukan perencanaan untuk menentukan berapa banyak emas yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Perhatikan kemampuan finansial

Berinvestasi haruslah dimulai dengan dana lebih. Apabila setiap bulan sudah memiliki surplus, maka kelebihan dana dapat dialokasikan ke dalam investasi agar berkembang untuk penggunaan masa depan.

Jangan sampai Anda mengorbankan seluruh penghasilan atau bahkan berutang untuk mendapatkan keuntungan berinvestasi. Anda harus memiliki dana cadangan darurat yang memadai sebelum berinvestasi.

Paling tidak ada tabungan dana darurat dengan kesiapan 6-12 bulan pengeluaran sebelum berinvestasi untuk menutupi pengeluaran tak terduga.

3. Perhatikan waktu investasi emas yang tepat

Ketika Anda sudah memiliki keinginan untuk berinvestasi emas, Anda harus rajin memantau harga emas di pasaran. Selain itu, Anda perlu mempelajari bagaimana kecenderungan tren pergerakan harga emas di pasaran.

Hal tersebut penting untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli atau menjual emas agar mendapat keuntungan yang optimal. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah ketika harganya sedang turun dan menjualnya ketika harganya naik.

Adapun yang perlu diperhatikan, investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu menengah panjang, seperti lebih dari 5 tahun, untuk mendapatkan manfaat optimal.

4. Pilih jenis emas yang sesuai

Bagi pemula disarankan untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia. Investasi emas logam mulia lebih menguntungkan dan lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan investasi emas dalam bentuk perhiasan.

Kelebihan emas logam mulia adalah memiliki harga jual yang cenderung lebih tinggi. Berbeda dengan emas perhiasan yang harga jualnya cenderung lebih rendah karena dipengaruhi oleh komponen biaya, seperti biaya pembuatan, jumlah karat, nilai seni, model, dan depresiasi (penurunan harga).

5. Penyimpanan emas yang aman

Penyimpanan emas bisa dilakukan dengan menyimpannya di brankas di rumah atau bisa disimpan di safe deposit box (SDB), yakni sebuah layanan penyimpanan barang berharga. Umumnya layanan SDB disediakan oleh pihak bank.

Anda juga bisa memanfatkan layanan penyimpanan Brankas PT Antam yang menawarkan sistem kemanan terpadu 24 jam atau tabungan emas di Pegadaian yang memungkinkan orang menabung emas tanpa harus menyimpan fisik dan tanpa biaya penitipan.

Demikianlah 5 tips investasi emas bagi pemula agar kekayaan anda terjaga dengan baik dan mendapat keuntungan, semoga bermanfaat.

sumber : finansial.bisnis.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *