Sumber daya apa sajakah yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia?

Tripasik.com – Berikut ini adalah jawaban soal TVRI yang berbunyi “Sumber daya apa sajakah yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia?”.

Kalimat tersebut merupakan salah satu soal untuk jenjang pendidikan SMA/ SMK dalam program Belajar dari Rumah TVRI hari Rabu, 12 Agustus 2020.

Sumber daya apa sajakah yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia?

Pada materi kali ini, para siswa SMA akan disuguhkan sebuah tayangan berjudul Vokasi Kini: Anak Muda Mengawal Energi Terbarukan yang tayang di TVRI pada pukul 10.00 – 10.30 WIB.

Ada 3 soal yang diberikan dalam materi kali ini, salah satunya berbunyi “Sumber daya apa sajakah yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia?”.

Soal dan Jawaban TVRI 12 Agustus 2020 SMA

Pertanyaan

1. Energi terbarukan merupakan energi yang tidak pernah habis dibandingkan dengan energi fosil. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

2. Bagaimana perkembangan profesi energi terbarukan ini di Indonesia? Jelaskan seberapa besar peluang indonesia untuk energi terbarukan ini?

3. Sumber daya apa sajakah yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia? Lalu bagaimana pemanfaatannya di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari?

—————————————

Jawaban

1. Hal tersebut terjadi karena pada energi terbarukan memiliki sumber daya yang dapat terus diperbarui.

Dibandingkan dengan energi fosil, energi terbarukan dapat terus dipakai oleh manusia selama sumber daya tersebut tidak terbatas seperti air, angin dan matahari.

————————————-

2. Perkembangan profesi energi terbarukan di Indonesia terus mengalami kenaikan.

Energi terbarukan ini bisa menjadi masa depan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, banyak lapangan pekerjaan yang terbuka pada energi terbarukan.

Peluang energi terbarukan di Indonesia menunjukkan perkembangan mulai tahun 2014.

Micro Hidro di Indonesia juga sudah berkembang, yakni pemanfaatan sumber daya air di sungai

Indonesia memiliki energi terbarukan yang luar biasa mulai dari air, angin hingga matahari.

Untuk energi terbarukan angin di Indonesia memiliki kecepatan tidak sebesar di negara subtropis namun bisa menjadi energi untuk mengalirkan listrik melalui kincir angin.

Selain itu, Indonesia memiliki 28.000 megawatt potensi geotermal.

Kemudian, Indonesia memiliki pantai terpanjang kedua setelah Kanada, yang bisa dikembangkan untuk potensi alga.

—————————–

3. Sumber daya energi terbarukan paling banyak di Indonesia :

Biofuel

Biofuel atau bahan bakar hayati adalah sumber energi terbarukan berupa bahan bakar (baik padat, cair dan gas) yang dihasilkan dari bahan-bahan organik.

Sumber biofuel adalah tanaman yang memiliki kandungan gula tinggi (seperti sorgum dan tebu) dan tanaman yang memiliki kandungan minyak nabati tinggi (seperti jarak, ganggang, dan kelapa sawit)

Biomassa

Biomassa adalah jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme yang hidup atau belum lama mati. Sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu, limbah dan alkohol.

Pembangkit listrik biomassa di Indonesia seperti PLTBM Pulubala di Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung.

Panas Bumi

Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi terbarukan berupa energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi.

Energi panas bumi diyakini cukup ekonomis, berlimpah, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Namun, pemanfaatannya masih terkendala pada teknologi eksploitasi yang hanya dapat menjangkau di sekitar lempeng tektonik.

Air

Energi air adalah salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum.

Sumber energi ini didapatkan dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki air.

Saat ini, sekitar 20 persen konsumsi listrik dunia dipenuhi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Angin

Energi angin atau bayu adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh angin.

Kincir angin digunakan untuk menangkap energi angin dan diubah menjadi energi kinetik atau listrik.

Pemanfaat energi angin menjadi listrik di Indonesia telah dilakukan seperti pada Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTBayu) Samas di Bantul, Yogyakarta.

Matahari

Energi matahari atau surya adalah energi terbarukan yang bersumber dari radiasi sinar dan panas yang dipancarkan matahari.

Gelombang Laut

Energi gelombang laut atau ombak adalah energi terbarukan yang bersumber dari dari tekanan naik turunnya gelombang airlaut.

Indonesia sebagai negara maritim yang terletak diantara dua samudera berpotensi tinggi memanfaatkan sumber energi dari gelombang laut.

Sayangnya, sumber energi alternatif ini masih dalam taraf pengembangan di Indonesia.

Pasang Surut Air Laut

Energi pasang surut air laut adalah energi terbarukan yang bersumber dari proses pasang surut air laut.

Terdapat dua jenis sumber energi pasang surut air laut, pertama adalah perbedaan tinggi rendah air laut saat pasang dan surut. Kedua adalah arus pasang surut terutama pada selat-selat yang kecil.

Layaknya energi gelombang laut, Indonesia memiliki potensi yang tinggi dalam pemanfaatan energi pasang surut air laut. Sayangnya, sumber energi ini belum termanfaatkan.

—————————————–

Itulah jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Sumber daya apa sajakah yang bisa menjadi energi terbarukan paling banyak di Indonesia?”, semoga bermanfaat.

Leave a Comment