Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Soal SBO TV 19 Agustus 2020 Kelas 1 – 6

Soal SBO TV 19 Agustus 2020 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 + Jawaban Lengkap

Tripasik.com – Berikut ini adalah rangkuman tugas atau soal dan jawaban SBO TV Rabu, 19 Agustus 2020 untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Sekolah Dasar dalam program GURUKU di SBO TV.

Di bulan Agustus 2020 ini, materi pembelajaran secara online untuk siswa-siswi Sekolah Dasar di Kota Surabaya akan diberikan melalui program Belajar dari Rumah bersama GURUKU di SBO TV.

Soal SBO TV 19 Agustus 2020 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 + Jawaban Lengkap

Adapun jadwal pembelajarannya akan diberikan setiap hari Senin hingga Jumat, berikut jadwal selengkapnya :

Hari Senin – Kamis:


  • 07.00 – 07.30 : SD Kelas 4
  • 07.30 – 08.00 : SD Kelas 3
  • 09.00 – 09.30 : SD Kelas 2
  • 09.30 – 10.00 : SD Kelas 1
  • 11.00 – 11.30 : SD Kelas 5
  • 11.30 – 12.00 : SD Kelas 6

Hari Jumat :

  • 06.30 – 07.00 : SD Kelas 4
  • 07.00 – 07.30 : SD Kelas 3
  • 07.30 – 08.00 : SD Kelas 2
  • 09.00 – 09.30 : SD Kelas 1
  • 09.30 – 10.00 : SD Kelas 5
  • 11.00 – 11.30 : SD Kelas 6

Seperti biasa, pada tanggal 19 Agustus 2020 ini, para siswa SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 akan mendapatkan tugas atau soal yang harus dikerjakan di rumah untuk diserahkan ke guru masing-masing.


Baca juga : Soal SBO TV 20 Agustus 2020 SD Kelas 1 – 6

Soal-soal tersebut tentunya masih berhubungan dengan materi pembelajaran yang diberikan pada hari itu. Berikut rangkuman soal dan jawabannya.

Soal dan Jawaban SBO TV 19 Agustus 2020

KELAS 1

TUGAS

1. Tulislah gambar kesukaan keluargamu!

2. Ceritakan pengalamanmu menggambar bersama keluarga di rumah!

JAWABAN

1. Aku senang sekali menggambar bersama keluarga. Aku suka menggambar binatang. Sedangkan adik suka menggambar pegunungan.

Sementara itu bunda lebih suka menggambar desain pakaian, sedangkan ayah hobi menggambar rumah dan gedung.

——————————

2. Suatu hari, aku sekeluarga sedang mengadakan lomba menggambar untuk memperingati HUT RI ke-75.

Ayah, bunda, adik, dan aku sangat senang dengan lomba menggambar tersebut. Semua memiliki kegemaran menggambar sendiri.

Dalam lomba tersebut ternyata hasil gambar ayah yang paling bagus. ayah pun menjadi pemenangnya.

————————————————

KELAS 2

TUGAS

1. Apa yang dimaksud dengan tata tertib di sekolah?

2. Sebutkan manfaat adanya tata tertib di sekolah!

3. Apa yang terjadi jika tidak ada tata tertib di sekolah?

4. Sebutkan tata tertib di sekolahmu yang kamu ketahui!

JAWABAN

1. Tata tertib sekolah adalah ketentuan atau peraturan yang wajib untuk dipatuhi atau dilaksanakan oleh siswa dan juga semua warga yang ada di sekolah.

2. Manfaat tata tertib di sekolah :

  • Melatih kedisiplinan
  • Melatih tanggung jawab
  • Melatih kejujuran
  • Menjaga kenyaman lingkungan
  • Melatih kemandirian
  • Terbiasa hidup rapi dan bersih

3. Yang terjadi jika tidak ada tata tertib di sekolah :

  • Tidak mempunyai sikap kedisiplinan
  • Tidak mempunyai rasa tanggung jawab
  • Tidak ada kejujuran
  • Tidak ada kenyaman di lingkungan sekolah
  • Tidak bisa mandiri
  • Sekolah dan ruang kelas menjadi kotor

4. Tata tertib di sekolah :

  • Sudah hadir di sekolah 15 menit sebelum bel berbunyi
  • Hormat pada guru
  • Menggunakan seragam yang telah ditentukan
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Tidak boleh bermain di dalam kelas
  • Tidak boleh bertengkar dengan teman
  • Mengikuti ekstrakurikuler

————————————————

KELAS 3

TUGAS

1. Buatlah wawancara sederhana dengan ayah bunda cara merawat hewan peliharaan dengan baik dan benar!

2. Praktikkan dengan mengirim video wawancara ke gurumu!

JAWABAN

1. Contoh wawancara “Cara Merawat Hewan Peliharaan” :

  • Aku : Ayah, aku pengen punya kucing?
  • Ayah : Kamu suka kucing?
  • Aku : Iya yah, aku suka kucing, karena kucing itu lucu banget.
  • Ayah : Memang kamu bisa merawatnya?
  • Aku : Emang susah ya merawat kucing yah?
  • Ayah : Gak begitu susah sih, tapi kamu harus rajin memberi makanan pada kucing
  • Aku : Kalau itu sih aku bisa ayah.
  • Ayah : Tidak cuma itu nak, kamu juga harus rajin untuk menjaga kebersihan kucingmu
  • Aku : Caranya gimana yah?
  • Ayah : Ya, tiap minggu kamu harus memandikan kucingnya. Trus kamu juga harus rutin memotong kukunya.
  • Aku : Oh gitu ya… Aku bisa yah.
  • Ayah : Oke kalau kamu janji bisa merawatnya, nanti ayah adopsikan kucing yan bagus ya!
  • Aku : Makasih ayah

2. Buatlah video saat wawancara di atas, lalu kirimkan ke guru kalian masing-masing.

————————————————

KELAS 4

TUGAS

1. Sebutkan ciri-ciri laki-laki dan perempuan yang kamu ketahui, minimal 5 ciri!

2. Tulislah sebuah doa tentang rasa syukur kepada Allah yang telah menciptakan kita sebagai laki-laki dan perempuan!

JAWABAN

1. Ciri-ciri laki-laki :

  • Ganteng
  • Suaranya lebih berat
  • Berotot
  • Perasaannya lebih tegar
  • Tegas

Ciri-ciri perempuan :

  • Cantik
  • Suaranya lebih lembut
  • Kulitnya lebih lembut
  • Perasaannya lebih lembut
  • Manja

2. Contoh doa tentang rasa syukur kepada Allah :

Kami memuji dan memuliakan nama-Mu ya Tuhan.

Engkaulah pemberi kami kehidupan.

Kami mengucap syukur pada-Mu Tuhan,

karena Engkau telah menciptakan kami sebagai laki-laki/perempuan.

Engkau juga telah menjadikan kami serupa dengan Engkau sendiri,

sungguh rahmat yang luhur bagi kami yang penuh dosa ini.

Kami mohon, mampukanlah kami menjalankan panggilan hidup kami sebagai laki-laki/perempuan.

Mampukan kami melaksanakan tugas dan perutusan kami, khususnya sebagai citra-Mu.

Semoga kami mampu menghadirkan Engkau di tengah sesama kami. Amin

————————————————

KELAS 5

TUGAS

1. Mengapa kita harus menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain?

2. Bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain?

JAWABAN

1. Penyebab kita harus menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain :

  • Setiap kegiatan usaha ekonomi yang dilakukan seseorang bermanfaat bagi orang lain.
  • Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing yang saling menguntungkan
  • Kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidup

———————–

2. Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi orang lain :

  • Mengucapkan terima kasih
  • Memberikan gaji atau upah
  • Memberikan pujian atau penghargaan
  • Bersaing dengan sehat
  • Tidak merendahkan usaha orang lain
  • Tidak iri atas keberhasilan orang lain
  • Menjunjung tinggi setiap pekerjaan yang dilakukan orang lain
  • Meneladani keberhasilan orang lain
  • Menghargai barang buatan dalam negeri

————————————————

KELAS 6

TUGAS

1. Carilah 3 tumbuhan yang ada di sekitarmu dan tuliskan manfaat masing-masing tumbuhan tersebut bagi manusia atau lingkungan!

2. Sebagai generasi penerus bangsa, bagaimana cara kalian dalam melestarikan tumbuhan yang ada di sekitar kalian?

JAWABAN

1. Berikut 3 tumbuhan di sekitar rumah :

  • Pohon Mangga : sebagai bahan makanan dan penyaring udara
  • Pohon Beringin : sebagai penyaring udara dan menyejukkan lingkungan
  • Pohon Pepaya : sebagai bahan makanan

2. Cara melestarikan tumbuhan di sekitar kita :

  • Menanam pohon di sekitar rumah
  • Tidak merusak tumbuhan di sekitar lingkungan
  • Secara rutin menyiram tanaman ketika musim kemarau

————————————————

Demikian rangkuman materi soal atau tugas dan jawaban SBO TV hari Rabu, 19 Agustus 2020 untuk siswa-siswi SD kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *