Berikan contoh tiga perilaku baik yang patut kita contoh dari tokoh puteri bungsu dalam cerita tersebut!

Tripasik.com – Berikut ini adalah jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Berikan contoh tiga perilaku baik yang patut kita contoh dari tokoh puteri bungsu dalam cerita tersebut!“.

Kalimat tersebut merupakan salah satu soal untuk siswa-siswi SD kelas 1 – 3 dalam program Belajar dari Rumah TVRI hari Rabu, 30 September 2020.

Berikan contoh tiga perilaku baik yang patut kita contoh dari tokoh puteri bungsu dalam cerita tersebut!
Berikan contoh tiga perilaku baik yang patut kita contoh dari tokoh puteri bungsu dalam cerita tersebut!

Pada materi kali ini, para siswa kelas 1 – 3 akan diajak untuk menonton film animasi berjudul Dongeng Kita: Legenda Ular N’daung yang tayang di TVRI pada pukul 08.30 – 09.00 WIB.

Ada beberapa soal yang diberikan dalam materi kali ini, salah satunya berbunyi “Berikan contoh tiga perilaku baik yang patut kita contoh dari tokoh puteri bungsu dalam cerita tersebut!”.

Soal dan Jawaban TVRI 30 September 2020 SD Kelas 1 – 3

Pertanyaan

1. Berikan contoh tiga perilaku baik yang patut kita contoh dari tokoh puteri bungsu dalam cerita tersebut!


2. Ceritakan kembali Kisah Si Penyumpit dengan bahasamu sendiri!

Jawaban

1. Perilaku baik yang patut dicontoh:

  • Rajin bekerja
  • Berbakti kepada orangtua
  • Pemberani

2. Pemuda bernama Si Penyumpit tinggal sendiri dan sebatang kara. Meski demikian, dia sangat ceria, ramah, dan suka menolong. Selain pandai menyumpit, ia juga pandai mengobati orang.

Kampung tempat Si Penyumpit dipimpin kepala desa bernama Pak Raje. Ia adalah seorang kepala desa yang sombong dan angkuh. Ia dikenal kerap menyalahgunakan jabatan.


Suatu hari, ladangnya dirusak oleh babi hutan. Kemudian ia menemui Si Penyumpit. Ia meminta dirinya untuk membayar hutang ayahnya.

Karena tak punya uang, Si Penyumpit hanya diminta untuk menjaga kebun singkong. Pada malam hari ia berhasil mengusir babi hutan. Ketika ingin mencari anak sumpit, ia mengikuti ceceran darah menuju goa.

Di sana dua ekor babi hutan tergeletak dengan anak sumpit di kakinya. Rupanya babi itu bisa berbicara. Setelah mengobati, Si Penyumpit diberi sebuah bungkusan oleh babi itu.

Ketika sampai di rumah, isi bungkusan itu adalah logam mulia. Kemudian ia membeli rumah baru. Pak Raje kemudian ingin melakukan hal yang sama.

Sayang, ia malah diserang oleh babi hutan. Pak Raje mengaku salah dan menyesali perbuatannya. Kemudian Pak Raji menikahkan Si Penyumpit dengan Putri Bungsunya.

—————————————–

Itulah jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Berikan contoh tiga perilaku baik yang patut kita contoh dari tokoh puteri bungsu dalam cerita tersebut!”, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *