Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Mengapa Penduduk Banyak yang Tinggal di Bantaran Sungai?

Mengapa Penduduk Banyak yang Tinggal di Bantaran Sungai?

Selamat datang kembali dalam program Belajar dari Rumah TVRI. Kali ini kita akan membahas salah satu soal untuk siswa-siswi SMP tanggal 8 Mei 2020.

Ada 3 soal dalam materi kali ini yang salah satunya berbunyi “Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?”.

Ingat ya teman-teman, maksud dari pertanyaan ini adalah bantaran sungai yang berada di pedesaan atau pedalaman, bukan di perkotaan seperti yang ada di kota-kota besar.

Bila teman-teman sudah menonton tayangannya tadi, pasti cukup mudah untuk menjawab pertanyaan di atas. Atau langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Berikut soal dan jawaban TVRI 8 Mei 2020 SMP

Pertanyaan

1. Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu? Berikan pendapatmu!

2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya?

3. Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?

Jawaban

1. Saya setuju hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar, karena Kalimantan merupakan salah satu tempat di Indonesia yang memiliki banyak aneka flora dan fauna yang beragam.

Di antara flora dan fauna tersebut termasuk langka dan unik. Pulau terbesar nomor 3 di dunia ini memiliki sekitar 6% keanekaragaman hayati dunia di area hutan tropisnya.

Spesies flora dan fauna mencapai ribuan variasi, termasuk bunga raflesia, dan beberapa fauna endemik, seperti orangutan, gajah borneo (gajah terkecil di dunia), dan kera proboscis.

———————————————–

2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar maka akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem di sekelilingnya, tanah akan kehilangan kekuatannya sehingga bila terjadi hujan lebat akan terjadi banjir, dan longsor.

Bukan hanya itu saja, flora dan fauna lain akan kehilangan habitat asli dan sumber makanan, sehingga lambat laun mereka akan punah.

Pohon adalah penyumbang oksigen bagi lingkungannya dan penyerap karbondioksida, maka bila pohon-pohon ditebang suhu udara di sekitarnya menjadi panas karena kekurangan oksigen.

———————————————–

3. Penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai karena sungai adalah sumber kehidupan bagi mereka.

Sungai adalah tempat manusia bisa mencari sumber makanan seperti ikan dan kerang. Sungai juga menyediakan air yang melimpah.

Kawasan lembah sungai juga menawarkan kesuburan tanah sehingga beragam tanaman mudah dijumpai.

Selain itu, pada masa bercocok tanam, air juga dijadikan sebagai sarana irigasi dan transportasi sehingga hidup dekat dengan sungai adalah pilihan terbaik.

———————————————–

Itulah jawaban dari soal “Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai?”, semoga berguna bagi teman-teman semua.

source : hargaticket.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *