Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?

Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?

Tripasik.com – Berikut ini adalah jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?“.

Kalimat tersebut merupakan salah satu soal untuk siswa-siswi SD kelas 4-6 dalam program Belajar dari Rumah TVRI hari Selasa, 3 November 2020.

Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?
Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?

Pada materi kali ini, para siswa kelas 4 – 6 akan diajak untuk menonton video menarik berjudul Gagasan Pokok yang tayang di TVRI pada pukul 09.00 – 09.30 WIB.

Ada beberapa soal yang diberikan dalam materi kali ini, salah satunya berbunyi “Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?”.


Soal dan Jawaban TVRI 3 November 2020 SD Kelas 4 – 6

Pertanyaan

1. Buatlah karangan dengan berjudul Pawai Budaya, tentukan terlebih dahulu gagasan pokok kemudian kembangkan menjadi sebuah paragraf!


2. Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?

3. Dari video yang berjudul Mengapa Masakan Indonesia Enak-enak? coba kamu tuliskan yang termasuk gagasan pokok dan gagasan pendukungnya!

Jawaban

1. Contoh karangan berjudul Pawai Budaya.

Gagasan pokok: Pawai Budaya Nusantara yang digelar dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke -74, Minggu 18 Agustus 2019 di Jakarta berlangsung meriah.

Pawai Budaya Nusantara Berlangsung Meriah

Pawai Budaya Nusantara yang digelar dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke -74, Minggu 18 Agustus 2019 di Jakarta berlangsung meriah.

Gelaran tersebut berhasil memukau ribuan penonton yang memadati pinggir jalan, mulai dari depan Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, hingga ke Taman Silang Monas. Peserta pawai dari Provinsi Bali, Sulawesi Barat, dan Jawa Timur dinyatakan sebagai tim terbaik, pemenang tanpa peringkat.

Tidak hanya warga DKI Jakarta dan wisatawan nusantara yang tertarik dan terpukau dengan penampilan ragam budaya dari berbagai daerah, tetapi juga turis mancanegara

Direktur Jenderal Nilai Budaya, Seni, dan Film Tjetjep Suparman mengatakan, segala potensi, kekayaan, dan keanekaragaman budaya Indonesia merupakan salah satu pilar kekuatan bangsa.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Pawai Budaya Nusantara melibatkan seluruh provinsi, dengan tiga tema, yakni kebebasan, kreativitas, dan kemandirian.

Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas kebudayaan mampu mempertautkan simpul-simpul kebinekaan menjadi kekuatan yang harmonis serta memberikan rasa damai, tentram, dan nyaman bagi seluruh masyarakat, sekaligus sebagai media yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Bangsa ini memerlukan banyak kekuatan untuk mempertahankan keberadaan dan masa depan yang penuh tantangan dan hambatan yang memerlukan kearifan untuk menanggulanginya.

Potensi dan ragam budaya yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia memerlukan kekayaan sekaligus kekuatan yang tidak ternilai. Melalui pemahaman dan penanaman nilai-nilai budaya, sesama warga masyarakat saling mengenal, memahami, dan menghargai satu sama lain, yang berujung pada terpeliharanya integritas nasional.

Pawai mengambil tema “Indonesia Kreatif Menunju Bangsa Mandiri”. Tema tersebut menggambarkan bahwa kemerdekaan yang telah diraih memberi peluang kreativitas menuju bangsa mandiri, mampu bertahan dan merespons perkembangan peradaban, serta unggul dalam pergaulan antarbangsa.

Prosesi pawai yang ditampilkan bersumber dari puncak-puncak kreativitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian, dan kearifan lokal.

2. Menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu karena gagasan pokok atau gagasan utama merupakan ide dasar sebuah inti pembahasan yang tertulis di dalam paragraf.

Gagasan utama menjadi gagasan dasar pengembangan sebuah paragraf.

3. Dari video “Mengapa Masakan Indonesia Enak-enak”, yang termasuk gagasan pokok adalah Sebagai orang Indonesia wajar kalau kita berpikir bahwa kuliner Indonesia enak-enak.

Tentu karena kita sangat terbiasa dengan cita rasanya. Bagaimanapun masakan Indonesia telah berhasil menjadi jawara di ranah internasional.

Buktinya dalam daftar 50 makanan terenak sedunia disusun oleh CNN Travel, Rendang dan Nasi Goreng menempati urutan pertama dan kedua. Sementara Sate Merai menempati ranking ke-14, mengalahkan aneka masakan dari negara lain.

Ada beberapa alasan membuat masakan Indonesia sangat lezat dan nikmat.

Pertama, hampir semua masakan nusantara kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Sejak jaman nenek kita sebagai pelaut, nusantara termasyur sebagai kepualauan rempah.

Para pedagang dari Tiongkok, India, Eropa sampai berbondong-bondong datang untuk mencari rempah di tanah air kita.

—————————————–

Itulah jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Mengapa menulis sebuah paragraf harus menentukan gagasan pokok terlebih dahulu?”, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *