Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!

Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!

Di pagi yang indah ini kakak akan berbagi jawaban soal yang berbunyi “Dua gelas ukur berukuran besar dan kecil. Gelas besar diisi air dan gelas kecil posisi telungkup di dalam gelas besar. Volume air 750 cm3. Iwan dan Bedu masing-masing menghembuskan udara ke dalam gelas dengan sedotan. Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!”

Soal yang cukup panjang tersebut merupakan salah satu pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa-siswi SD kelas 4 – 6 dalam program BDR TVRI tanggal 9 Juni 2020.

Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!

Pada materi hari ini, para siswa mendapat ilmu dan wawasan baru mengenai Mekanisme Sistem Organ dalam program X-Sains yang tayang pada pukul 09.00 – 09.30 WIB.

Oke tanpa panjang lebar lagi kita simak jawaban dari soal “Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!” selengkapnya.

Soal dan Jawaban TVRI 9 Juni 2020 SD Kelas 4 – 6

Pertanyaan

1. Dua gelas ukur berukuran besar dan kecil. Gelas besar diisi air dan gelas kecil posisi telungkup di dalam gelas besar. Volume air 750 cm3. Iwan dan Bedu masing-masing menghembuskan udara ke dalam gelas dengan sedotan. Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!

2. Bagaimanakah proses terjadinya pencernaan makanan dalam sistem alat pencernaan kita? Coba Jelaskan!

3. Tuliskan tiga bagian darah! Coba jelaskan fungsi masing-masing dalam tubuh kita!

Jawaban

1. Berdasarkan tayangan tadi, kapasitas paru-paru bisa dihitung berdasarkan jumlah udara yang ditiupkan.

Pada pertanyaan kali ini, sudah diketahui bahwa Iwan mampu meniupkan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3 udara.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa kapasitas paru-paru Iwan lebih besar.

————————————

2. Proses terjadinya pencernaan makanan :

  • Makanan masuk melalui mulut. Di dalam mulut makanan dikunyah baik secara mekanik maupun secara kimiawi
  • Makanan kemudian melewati faring. Faring adalah “pintu” yang membatasi antara kerongkongan dengan tenggorokan, agar makanan tidak salah masuk.
  • Setelah melewati faring, makanan kemudian masuk ke kerongkongan. Di dalam kerongkongan, makanan akan didorong menuju ke lambung, yang biasa disebut gerakan Peristaltik.
  • Setelah sampai ke lambung, makanan akan diolah secara kimiawi dan mekanik. Secara kimiawi, makanan dicerna oleh asam lambung, enzim pepsin, dan enzim renin. Secara mekanik, makanan akan diremas-remas di dalam lambung.
  • Dari lambung, makanan akan didorong ke usus halus. Di dalam usus halus, sari-sari makanan akan diserap.
  • Dari usus halus, makanan akan didorong ke dalam usus besar. Fungsi usus besar adalah menyerap cairan-cairan yang tersisa dari sari makanan yang sudah diserap tadi.
  • Dan akhirnya makanan yang sudah dicerna akan dikeluarkan melalui anus.

—————————————-

3. Tiga bagian darah dan fungsinya :

  • Sel darah merah (eritrosit) : Mengangkut sari-sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh
  • Sel darah putih (leukosit) : Sebagai imunitas atau perlindungan
  • Keping darah (trombosit) : Untuk pembekuan darah saat terluka

—————————————–

Itulah jawaban dari soal “Jumlah udara yang ditiupkan Iwan 250 cm3 dan Bedu 125 cm3. Paru-paru siapa yang dapat banyak menampung udara paling banyak? Coba jelaskan pendapatmu!”, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *