Web Analytics Made Easy -
StatCounter

Jelaskan Bagaimana Cara Petani Hidroponik Tersebut Mengatasi Tantangan dan Memasarkan Hasil Pertaniannya?

Jelaskan Bagaimana Cara Petani Hidroponik Tersebut Mengatasi Tantangan dan Memasarkan Hasil Pertaniannya?

Siswa SMA berbisnis? Kenapa tidak! Nah, pada materi belajar dari rumah TVRI 6 Mei 2020 SMA sederajat ini, kita akan belajar tentang bisnis dan wirausaha.

Pada materi kali ini kita akan membahas sebuah bisnis Hidroponik. Sudah tahu kan apa itu Hidroponik? Hidroponik adalah budidaya menanam memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah.

Ada 2 soal yang harus teman-teman jawab dalam materi hari ini salah satunya berbunyi “Jelaskan bagaimana cara petani hidroponik tersebut mengatasi tantangan dan memasarkan hasil pertaniannya?”.

Setelah menonton tayangan tersebut dan mendengarkan penjelasan dari seorang petani Hidroponik sukses bernama Lantip Kurniawan dari Sleman, pasti teman-teman bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Bagi yang belum tahu, simak cara petani hidroponik mengatasi tantangan dan hasil pertaniannya di bawah ini.

Berikut soal dan jawaban TVRI 6 Mei 2020 SMA

Pertanyaan :

1. Jelaskan bagaimana cara petani hidroponik tersebut mengatasi tantangan dan memasarkan hasil pertaniannya?

————————————–

2. Jika kamu ingin serius berbisnis, upaya apakah yang akan kamu lakukan? Apakah harus menunggu modal besar? Tuliskan gagasanmu dengan memanfaatkan berbagai sumber.

————————————–

Jawaban :

1. Cara petani hidroponik untuk mengatasi tantangan yang ada adalah dengan melakukan inovasi-inovasi pada peralatan dan media tanam itu sendiri.

Awalnya, media tanam, material, dan peralatan hidroponik banyak yang diimpor dari luar negeri, kini para petani berusaha membuat sendiri peralatan tersebut sehingga mengurangi ketergantungan impor.

Karena penduduk Indonesia makin bertambah, maka pangsa pasar untuk hasil hidroponik ini juga makin besar, ditambah lagi produk hidroponik ini memiliki usia simpan yang lebih lama dibanding hasil produk konvensional.

————————————–

2. Untuk memulai sebuah bisnis tak harus menunggu memiliki modal yang besar. Dengan modal kecil pun bahkan tanpa modal kita bisa memulai sebuah wirausaha.

Dalam berbisnis modal yang paling utama adalah niat dan pengetahuan tentang bisnis tersebut.

Contoh memulai bisnis dengan modal kecil adalah dengan menjadi dropshipper dari lapak-lapak di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, atau pun Shopee.

Nah, kita bisa menjual barang-barang dari para produsen atau reseller tanpa harus menyetok barang di rumah.

————————————–

Itulah jawaban dari pertanyaan “Jelaskan bagaimana cara petani hidroponik tersebut mengatasi tantangan dan memasarkan hasil pertaniannya?”, semoga bermanfaat.

source : hargaticket.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *