Apa sajakah yang mempengaruhi keragaman jenis flora dan fauna yang ada di dunia?

Tripasik.com – Berikut ini adalah jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Apa sajakah yang mempengaruhi keragaman jenis flora dan fauna yang ada di dunia?“.

Kalimat tersebut merupakan salah satu soal untuk siswa-siswi SMP sederajat dalam program Belajar dari Rumah TVRI hari Senin, 24 Agustus 2020.

Apa sajakah yang mempengaruhi keragaman jenis flora dan fauna yang ada di dunia

Pada materi kali ini, para siswa SMP akan diajak untuk menonton video berjudul Belajar Benua-Benua di Dunia yang tayang di TVRI pada pukul 09.30 – 10.00 WIB.

Ada beberapa soal yang diberikan dalam materi kali ini, salah satunya berbunyi “Apa sajakah yang mempengaruhi keragaman jenis flora dan fauna yang ada di dunia?”.

Soal dan Jawaban TVRI 24 Agustus 2020 SMP

Pertanyaan

1. Apa sajakah yang mempengaruhi keragaman jenis flora dan fauna yang ada di dunia?


2. Mengapa Benua Antartika tidak berpenghuni?

3. Jelaskan dampak positif dan negatif besarnya jumlah penduduk di Benua Asia dalam bidang ekonomi!

Jawaban

1. Bumi menjadi tempat berlangsungnya mahkluk hidup. Kita sebagai manusia hidup di daratan yang disebut benua.

Bumi memiliki enam benua, yaitu Benua Asia, Benua Amerika, Benua Afrika, Benua Australia, dan Benua Antartika. Namun Benua Antartika tidak dihuni manusia.


Beberapa hal yang memoengaruhi keragaman jenis flora dan fauna di dunia, antara lain:

  • Iklim

Berdasarkan letak garis lintang, bumi terbagi menjadi beberapa iklim, yaitu tropik, subtropik, artik (dingin), dan subartik (peralihan suntropik dan artik).

  • Vegetasi

Kumpulan beberapa jenis tumbuhan yang hidup dalam aatu ekosistem.

  • Interaksi organisme lain

Seperti perkawinan silang antara dua organisme yang memiliki ras atau varietas berbeda akan menghasilkan organisme dengan varietas baru.

  • Fisik

Fisik dalam hal ini adalah barier atau penghambat secra fisik, seperti pegunungan, laut, sungai, atau gurun.

————————————-

2. Benua Antartika merupakan wilayah atau benua yang diselimuti oleh salju abadi, sehingga di tempat ini selalu ada salju bersuhu dingin.

Hal itu menyebabkan Benua Antartika tidak dihuni secara tetap oleh manusia. Hanya ilmuwan yang menghuni stasiun-stasiun di Antartika.

Jika wilayah terpanas di Bumi adalah gurun, maka wilayah terdingin di Bumi adalah Antartika. Suhu di Benua Antartika bisa mencapai minus 70 derajat selsius.

Akibatnya, hanya ada beberapa jenis makhluk hidup yang menjadi penghuni Antartika, yaitu alga, bakteri, lumut kerak, dua spesies tanaman, beberapa spesies serangga, dan penguin.

————————————-

3. Benua Asia merupakan benua terluas di Bumi. Luasnya 44 juta kilometer persegi. Menurut data 2019, jumlah penduduk di Benua Asia mencapai 4,6 miliar jiwa.

Besarnya jumlah penduduk di Asia merupakan potensi untuk mendukung kegiatan ekonomi.

Kegiatan ekonomi di Asia seperti pertanian, pertambangan, dan industri membutuhkan banyak tenaga kerja. Namun jika tidak diimbangi dengan penyediaan lapangan kerja, maka akan menimbulkan maslaah pengangguran dan munculnya permukiman kumuh.

—————————————–

Itulah jawaban dari soal TVRI yang berbunyi “Apa sajakah yang mempengaruhi keragaman jenis flora dan fauna yang ada di dunia?”, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *